Pengaruh Adversity Quotient dan Prestasi Belajar terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Stikes Madani Yogyakarta


Halaman : 53 – 61

Penulis : Nur Furi Wulandari, Hari Wujoso, Suharno

Edisi : Volume IV Nomor 1 Januari 2018

Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL

Tahun : 2015

ISSN : 2477-3441

ISSN Online : 2477-345X


Nur Furi Wulandari, Hari Wujoso, Suharno

PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASISWA STIKES MADANI YOGYAKARTA

 

Nur Furi Wulandari1, Hari Wujoso2, Suharno3

 

123Jurusan Magister Kedokteran Keluarga Program Pascasarjana UNS, Jalan Ir. Sutami No 36A,

Kec Jebres, Surakarta-57126, Indonesia

 

ABSTRAK

 

Efikasi diri merupakan keyakinan diri mahasiswa dalam melaksanakan tugas sesuai kompetensinya. Efikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adversity quotient dan prestasi belajar. Mahasiswa yang memiliki adversity quotient tinggi tetap berusaha ketika  menghadapi kesulitan, jika disertai prestasi belajar yang tinggi akan memiliki keyakinan bahwa dirinya dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan kompetensinya di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh adversity quotient dan prestasi belajar terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.

Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Program Studi D III Kebidanan STIKes Madani Yogyakarta pada bulan April-Mei 2014 dengan populasi mahasiswa semester VI sejumlah 53 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik exhaustic sampling sebanyak 51 mahasiswa (2 mahasiswa drop out). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data KHS. Analisis data menggunakan regresi ganda.

Hasil penelitian yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan antara adversity quotient terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t 1,419  (p>0,05) dan sumbangan efektif terhadap efikasi diri sebesar 8,41%. Ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar terhadap  efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t untuk prestasi belajar 2,484 (p<0,05) dan sumbangan efektif terhadap efikasi diri sebesar 23,77%. Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara adversity quotient dan prestasi belajar terhadap mahasiswa STIKes Madani Yogyakarta nilai probabilitas 0,018 (p<0,05), dan sumbangan efektif sebesar 32,18%.

Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara adversity quotient dan prestasi belajar terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.

 

Kata Kunci : Adversity Quotient, Prestasi Belajar, Efikasi Diri

 

 

THE EFFECT OF ADVERSITY QUOTIENT AND LEARNING ACHIEVEMENT TOWARD SELF EFFICIENCY STIKES MADANI YOGYAKARTA

Nur Furi Wulandari1, Hari Wujoso2, Suharno3

 

123Program of Master’s Degree in Family Mediciness Program PASCASARJANA UNS, 36A Jl. Ir. Sutami,

Jebres, Surakarta-57126, Indonesia

 

ABSTRACT

Self-efficacy is a self-confidence of the students in performing tasks according to competence. Efficacy is caused by several factors. Especially adversity quotient and learning achievement. Students who have the high adversity quotient keep trying when faced with difficulties,, if accompanied by higher learning achievement will have the confidence to complete the task well in accordance with its competence in the future. The purpose of this study is to anlyze the adversity quotient and the achievement on self-efficacy of students at STIKes Madani Yogyakarta.

The method of this research is analytic observational with the cross sectional approach. The study was conducted in D III Midwifery Study Program STIKES Madani Yogyakarta in April-May 2014 with a student population of semester VI number 53 students. The samples taken with exhaustive sampling technique as many as 51 students (2 students drop out). Technic of collecting data were performed using questionnaires and KHS data. The data analysis using multiple regression.

The result of research is there is no significant influence between adversity quotient on self-efficacy of student in STIKes Madani Yogyakarta with value of t 1,419 (p> 0,05) and effective effect on self-efficacy equal to 8,41There is a significant influence between learning achievement on self-efficacy of students in STIKes Madani Yogyakarta with t value for learning achievement 2,484 (p <0,05) and effective contribution to self-efficacy equal to 23,77%. There is a significant co-influence between adversity quotient and learning achievement toward students in STIKes Madani Yogyakarta with probability value 0,018 (p <0,05), and effective contribution 32,18%.

The conclusion of this research is there is significant influence together between adversity quotient and learning achievement toward self-efficacy of student at STIKes Madani Yogyakarta.

 

Keywords: Adversity Quotient, Learning Achievement, Self – Efficacy


Pengaruh Adversity Quotient dan Prestasi Belajar terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Stikes Madani Yogyakarta

ABSTRAK

Efikasi diri merupakan keyakinan diri mahasiswa dalam melaksanakan tugas sesuai kompetensinya. Efikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adversity quotient dan prestasi belajar. Mahasiswa yang memiliki adversity quotient tinggi tetap berusaha ketika  menghadapi kesulitan, jika disertai prestasi belajar yang tinggi akan memiliki keyakinan bahwa dirinya dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan kompetensinya di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh adversity quotient dan prestasi belajar terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.

Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Program Studi D III Kebidanan STIKes Madani Yogyakarta pada bulan April-Mei 2014 dengan populasi mahasiswa semester VI sejumlah 53 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik exhaustic sampling sebanyak 51 mahasiswa (2 mahasiswa drop out). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data KHS. Analisis data menggunakan regresi ganda.

Hasil penelitian yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan antara adversity quotient terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t 1,419  (p>0,05) dan sumbangan efektif terhadap efikasi diri sebesar 8,41%. Ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar terhadap  efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t untuk prestasi belajar 2,484 (p<0,05) dan sumbangan efektif terhadap efikasi diri sebesar 23,77%. Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara adversity quotient dan prestasi belajar terhadap mahasiswa STIKes Madani Yogyakarta nilai probabilitas 0,018 (p<0,05), dan sumbangan efektif sebesar 32,18%.

Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara adversity quotient dan prestasi belajar terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.

Adversity Quotient, Prestasi Belajar, Efikasi Diri

PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASISWA STIKES MADANI YOGYAKARTA

ABSTRACT

Self-efficacy is a self-confidence of the students in performing tasks according to competence. Efficacy is caused by several factors. Especially adversity quotient and learning achievement. Students who have the high adversity quotient keep trying when faced with difficulties,, if accompanied by higher learning achievement will have the confidence to complete the task well in accordance with its competence in the future. The purpose of this study is to anlyze the adversity quotient and the achievement on self-efficacy of students at STIKes Madani Yogyakarta.

The method of this research is analytic observational with the cross sectional approach. The study was conducted in D III Midwifery Study Program STIKES Madani Yogyakarta in April-May 2014 with a student population of semester VI number 53 students. The samples taken with exhaustive sampling technique as many as 51 students (2 students drop out). Technic of collecting data were performed using questionnaires and KHS data. The data analysis using multiple regression.

The result of research is there is no significant influence between adversity quotient on self-efficacy of student in STIKes Madani Yogyakarta with value of t 1,419 (p> 0,05) and effective effect on self-efficacy equal to 8,41There is a significant influence between learning achievement on self-efficacy of students in STIKes Madani Yogyakarta with t value for learning achievement 2,484 (p <0,05) and effective contribution to self-efficacy equal to 23,77%. There is a significant co-influence between adversity quotient and learning achievement toward students in STIKes Madani Yogyakarta with probability value 0,018 (p <0,05), and effective contribution 32,18%.

The conclusion of this research is there is significant influence together between adversity quotient and learning achievement toward self-efficacy of student at STIKes Madani Yogyakarta.

Adversity Quotient, Learning Achievement, Self - Efficacy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21  −  12  =  

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.