Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Mengenai Personal Hygiene Genetalia Pada Saat Menstruasi di SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun 2018
Halaman : 14 – 20
Penulis : Mira Puspita Sari, Dede Gantini, Etin Rohmatin
Edisi : Volume V Nomor 1 Januari 2019
Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL
Tahun : 2015
ISSN : 2477-3441
ISSN Online : 2477-345X
Mira Puspita Sari, Dede Gantini, Etin Rohmatin
Kesehatan reproduksi bukan hanya masalah individu yang bersangkutan, tetapi menjadi perhatian bersama.Salah satu yang sangat ditekankan bagi perempuan yang tengah mengalami menstruasi adalah pemeliharaan kebersihan diri. Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 5 Tasikmalaya jumlah remaja putri sebanyak 140 siswi dan dilakukan wawancara 20 siswi pada kelas II dengan hasil hanya 2 orang siswi yang tahu tentang personal hygiene saat menstruasi dan 18 yang lain tidak tahu tentang personal hygiene saat menstruasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai personal hygiene genetalia pada saat menstruasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pre-post test only group design. Populasi dalam penelitian inih adalah seluruh siswi kelas II dan III di SMP N 5 Tasikmalaya yang telah mengalami menstruasi, yaitu 140 siswi, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional stratified random sampling yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai p yang diperoleh 0,04 dan 0,001 yang berarti bahwa terdapat pengaruh peer educator terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen. Bagi petugas kesehatan dapat mensosialisasikan pentingnya hygiene menstruasi pada remaja putri dengan melakukan kerjasama pada sekolah agar masalah kesehatan reproduksi wanita dapat diminimalisir dengan melakukan metode peer education
Reproductive health is not just a matter of the individual concerned, but a common concern. One of the most emphasized for women who are experiencing menstruation is maintenance of personal hygiene. The results of preliminary study at SMP Negeri 5 Tasikmalaya number of teenage girls as many as 140 students and interviewed 20 girls in class II with the result of only 2 students who know about personal hygiene during menstruation and 18 others do not know about personal hygiene during menstruation. The purpose of this study was to determine the effect of peer education on the knowledge and attitude of young women about personal hygiene genetalia at the time of menstruation. The research method used is quasi experiment with pre-post test design with control group design. Population in this research is all student of class II and III in SMP N 5 Tasikmalaya which have experienced menstruation, that is 140 student, technique of sampling using technique of proportional stratified random sampling which amounted to 66 person. The results showed that p value obtained 0,04 and 0,001 which mean that there is influence of peer educator to increase knowledge and attitude in experiment group and control group. For health workers can socialize the importance of menstrual hygiene in adolescent girls by cooperating on school so that women’s reproductive health problem can be minimized by doing peer education method
Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Mengenai Personal Hygiene Genetalia Pada Saat Menstruasi di SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun 2018
ABSTRAK
Kesehatan reproduksi bukan hanya masalah individu yang bersangkutan, tetapi menjadi perhatian bersama.Salah satu yang sangat ditekankan bagi perempuan yang tengah mengalami menstruasi adalah pemeliharaan kebersihan diri. Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 5 Tasikmalaya jumlah remaja putri sebanyak 140 siswi dan dilakukan wawancara 20 siswi pada kelas II dengan hasil hanya 2 orang siswi yang tahu tentang personal hygiene saat menstruasi dan 18 yang lain tidak tahu tentang personal hygiene saat menstruasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai personal hygiene genetalia pada saat menstruasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pre-post test only group design. Populasi dalam penelitian inih adalah seluruh siswi kelas II dan III di SMP N 5 Tasikmalaya yang telah mengalami menstruasi, yaitu 140 siswi, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional stratified random sampling yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai p yang diperoleh 0,04 dan 0,001 yang berarti bahwa terdapat pengaruh peer educator terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok eksperimen. Bagi petugas kesehatan dapat mensosialisasikan pentingnya hygiene menstruasi pada remaja putri dengan melakukan kerjasama pada sekolah agar masalah kesehatan reproduksi wanita dapat diminimalisir dengan melakukan metode peer education
Peer education, pengetahuan, sikap, personal hygiene, genetalia
THE EFFECT OF PEER EDUCATION ON KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF YOUTH PRINCIPLES ABOUT PERSONAL HYGIENE GENETALIA AT THE TIME OF MENSTRUATION IN TASIKMALAYA 5 STATE SMP IN 2018
ABSTRACT
Reproductive health is not just a matter of the individual concerned, but a common concern. One of the most emphasized for women who are experiencing menstruation is maintenance of personal hygiene. The results of preliminary study at SMP Negeri 5 Tasikmalaya number of teenage girls as many as 140 students and interviewed 20 girls in class II with the result of only 2 students who know about personal hygiene during menstruation and 18 others do not know about personal hygiene during menstruation. The purpose of this study was to determine the effect of peer education on the knowledge and attitude of young women about personal hygiene genetalia at the time of menstruation. The research method used is quasi experiment with pre-post test design with control group design. Population in this research is all student of class II and III in SMP N 5 Tasikmalaya which have experienced menstruation, that is 140 student, technique of sampling using technique of proportional stratified random sampling which amounted to 66 person. The results showed that p value obtained 0,04 and 0,001 which mean that there is influence of peer educator to increase knowledge and attitude in experiment group and control group. For health workers can socialize the importance of menstrual hygiene in adolescent girls by cooperating on school so that women’s reproductive health problem can be minimized by doing peer education method
Tinggalkan Balasan