PENGARUH STIMULASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD IT IHYA ASSUNNAH
Halaman :
Penulis : Vivi Viani F, Nunung Mulyani, Qanita Wulandara
Edisi : Volume VI Nomor 1 Januari 2020
Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL
Tahun : 2015
ISSN : 2477-3441
ISSN Online : 2477-345X
Vivi Viani F, Nunung Mulyani, Qanita Wulandara
Stimulasi adalah perangsangan yang datang dari luar lingkungan di luar individu anak. Alat Permainan Edukatif (APE) adalah jenis permainan yang mengandung nilai pendidikan berfungsi untuk merangsang daya imajinasi anak dalam proses perkembangan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stimulasi Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap perkembangan anak usia prasekolah di PAUD IT Ihya Assunnah Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan Pra-experiment dengan One Group Pretes-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan Kuisioner Pra Skrining Tes (KPSP) untuk mengukur kemampuan anak. Teknik sampling yang digunakan Total Sampling dengan jumlah sampel 26 responden dengan kategori meragukan dari 89 responden. Analisis Uji statistik yang digunakan Wilxocon Signed Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak setelah dilakukan pengetesan dengan KPSP yaitu anak dengan kategori sesuai sejumlah 59 anak (66.3%), dengan kategori meragukan sejumlah 26 anak (29.2%) dan dengan kategori penyimpangan sejumlah 4 anak (4.5%). Setelah dilakukan intervensi dengan stimulasi alat permainan edukatif terhadap anak dengan kategori meragukan sejumlah 26 anak menjadi (100%) Hasil uji statistik menunjukkan nilai ρ (0,000) <0,05 yang berarti stimulasi alat permainan edukatif efektif merangsang perkembangan anak. Berdasarkan hasil, terdapat pengaruh stimulasi alat permainan edukatif terhadap perkembangan anak usia prasekolah.
Stimulation is stimulant which comes from the environment outside of the individual child. Educational game tools is one kind of games which consists educational value that functions to stimulate children’s imagine in development process. This research was aimed to know the effect of educational game tools stimulation to pre-school children development at PAUD IT Ihya Assunnah Tasikmalaya.
This research used pra-experiment with One Group Pretes-Posttest. The instrument used questionnaire pre screening test (KPSP) to measure child’s ability. Sampling technique used total sampling with 26 doubt respondens of 89 respondens. Statistical analysis Test used Wilcoxon Signed Rank Test.
The result of this research showed child’s development after testing by KPSP child with corresponding category as much as 59 child (66.3%), child with doubt category as much as 26 child (29.2%) and child with deviation category as much as 4 child (4.5%). After they gave intervention with stimulation educational game tools as much as 26 child became (100%). The results of statistical tests show the value of ρ (0,000) <0.05 it means effective stimulation educational game tools to stimulate child’s development. There is an effectiveness of stimulation educational game tools to pre-school child development.
PENGARUH STIMULASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD IT IHYA ASSUNNAH
ABSTRAK
Stimulasi adalah perangsangan yang datang dari luar lingkungan di luar individu anak. Alat Permainan Edukatif (APE) adalah jenis permainan yang mengandung nilai pendidikan berfungsi untuk merangsang daya imajinasi anak dalam proses perkembangan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stimulasi Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap perkembangan anak usia prasekolah di PAUD IT Ihya Assunnah Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan Pra-experiment dengan One Group Pretes-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan Kuisioner Pra Skrining Tes (KPSP) untuk mengukur kemampuan anak. Teknik sampling yang digunakan Total Sampling dengan jumlah sampel 26 responden dengan kategori meragukan dari 89 responden. Analisis Uji statistik yang digunakan Wilxocon Signed Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak setelah dilakukan pengetesan dengan KPSP yaitu anak dengan kategori sesuai sejumlah 59 anak (66.3%), dengan kategori meragukan sejumlah 26 anak (29.2%) dan dengan kategori penyimpangan sejumlah 4 anak (4.5%). Setelah dilakukan intervensi dengan stimulasi alat permainan edukatif terhadap anak dengan kategori meragukan sejumlah 26 anak menjadi (100%) Hasil uji statistik menunjukkan nilai ρ (0,000) <0,05 yang berarti stimulasi alat permainan edukatif efektif merangsang perkembangan anak. Berdasarkan hasil, terdapat pengaruh stimulasi alat permainan edukatif terhadap perkembangan anak usia prasekolah.
Alat Permainan Edukatif, Perkembangan Anak, Prasekolah
EFFECT OF EDUCATIONAL GAME TOOLS STIMULATION TO PRE-SCHOOL CHILDREN DEVELOPMENT AT PAUD IT IHYA ASSUNNAH
ABSTRACT
Stimulation is stimulant which comes from the environment outside of the individual child. Educational game tools is one kind of games which consists educational value that functions to stimulate children’s imagine in development process. This research was aimed to know the effect of educational game tools stimulation to pre-school children development at PAUD IT Ihya Assunnah Tasikmalaya.
This research used pra-experiment with One Group Pretes-Posttest. The instrument used questionnaire pre screening test (KPSP) to measure child’s ability. Sampling technique used total sampling with 26 doubt respondens of 89 respondens. Statistical analysis Test used Wilcoxon Signed Rank Test.
The result of this research showed child’s development after testing by KPSP child with corresponding category as much as 59 child (66.3%), child with doubt category as much as 26 child (29.2%) and child with deviation category as much as 4 child (4.5%). After they gave intervention with stimulation educational game tools as much as 26 child became (100%). The results of statistical tests show the value of ρ (0,000) <0.05 it means effective stimulation educational game tools to stimulate child’s development. There is an effectiveness of stimulation educational game tools to pre-school child development.
Tinggalkan Balasan