Perbedaan Pengetahuan Terkait Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMP di Pesantren dengan Sekolah Negeri di Kota Bogor
Halaman : 38 – 44
Penulis : Maya Astuti
Edisi : Volume III Nomor 1 Januari 2017
Jurnal : JURNAL BIDAN MIDWIFE JOURNAL
Tahun : 2015
ISSN : 2477-3441
ISSN Online : 2477-345X
Maya Astuti
ABSTRAK
Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang spesifik menyerang sistern kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) dan merupakan masalah kesehatan sekaligus masalah sosial. Siswa sekolah menengah pertama (SMP) termasuk kelompok yang memiliki kerentanan tinggi terhadap perilaku berisiko HIV/AIDS karena mudah sekali terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Sekolah dan tempat tinggal merupakan bagian yang penting dalam pembentukkan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan terkait pencegahan HIV/AIDS pada siswa SMP di pesantren dan sekolah negeri. Metode penelitian yaitu kuantitatif bersifat komparatif studi dengan pendekatan cross sectional, dilakukan kepada 140 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa SMP yang sekolah di pesantren dan sekolah negeri. Pengambilan sampel sekolah secara multistage random sampling dan pemilihan responden ditentukan secara proportional allocation. Penelitian dilakukan dari Maret–September 2016 menggunakan alat ukur kuisioner. Analisa menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pencapaian median pengetahuan responden di pesantren yaitu 84,00 lebih besar dibandingkan responden di sekolah negeri yaitu 78,00 dengan perbedaan yang bermakna dengan nilai P=0,033. Pertanyaan pada kuisioner yang paling banyak diketahui (dijawab benar) oleh responden adalah tentang penanganan HIV/AIDS. Sedangkan pertanyaan yang paling sedikit diketahui (dijawab salah) oleh responden adalah terkait pencegahan HIV/AIDS. Simpulan, pengetahuan yang lebih tinggi lebih banyak pada kelompok responden di pesantren. Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada kedua kelompok. Diharapkan sosialisasi yang komprehensif terkait pencegahan HIV/AIDS di sekolah-sekolah dengan melibatkan peran serta guru dan siswa.
Kata Kunci: AIDS, HIV, Pengetahuan, Siswa, Sikap
Tinggalkan Balasan